Nama Perusahaan yang Bagus dan Filosofinya

Nama Perusahaan yang Bagus dan Filosofinya

Ketika Anda membangun sebuah bisnis misalnya perusahaan, Anda harus memikirkan nama perusahaan yang bagus, yang mudah diingat dan dilafalkan. Berikut ini merupakan beberapa perusahaan dengan nama yang unik, bagus yang bisa menjadi inspirasi Anda.

  • Starbuck

Siapa bilang Starbuck memiliki kepopuleran dalam waktu yang singkat? Buktinya, perusahaan yang menyediakan minuman kopi ini harus bertahan dalam persaingan pasar sejak tahun 1971.

Perusahaan yang didirikan di Seattle, Washington ini hingga kini sudah memiliki sekitar 24 retail store yang ada di 70 negara. Tapi pernahkan Anda bertanya, mengapa namanya Starbuck? Menurut Gordon Bowker yang merupakan co-founder Starbucks, terdapat pertambangan tua bernama Starbo.

Kemudian, Gordon teringan karakter yang bernama Starbucks yang ada di novel Moby-Dick karya Herman Melville. Hingga saat ini, karakter novel tersebut telah berubah menjadi icon kedai kopi terpopular di dunia.

  • Microsoft

Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini diambil dari kata microprocessor dan software. Nama Microsoft itu sendiri sebenarnya diciptakan oleh Paul Allen. Kenapa Microsoft? Karena untuk mencerminkan misi perusahaan agar bisa menyediakan beragam jenis software untuk komputer.

  • Nike

Siapa yang tidak kenal Nike? Perusahaan yang menyediakan perlengkapan berolahraga seperti sepatu ini, menggunakan nama Nike dari mitologi Yunani. Di mitologi tersebut, Nike artinya adalah dewi kejayaan yang mempunyai kemampuan tebang dan berlari.

Karena filosofinya tersebut, lambang Nike yang merupakan simbol swoosh terlihat tepat dan cocok. Apalagi Nike pada awalnya memproduksi sepatu running.

Nama Perusahaan yang Bagus dan Filosofinya
Nama Perusahaan yang Bagus dan Filosofinya

Trik Memilih Nama untuk Perusahaan

Dari 3 perusahaan tersebut, tentu Anda membayangkan, sekiranya apa nama perusahaan yang bagus untuk bisnis Anda? Untuk memudahkan Anda, simak trik memilih nama untuk perusahaan Anda berikut ini:

  • Gunakan Kata yang Pendek

Dalam memilih nama untuk perusahaan, sebisa mungkin pilih kata yang pendek atau maksimal 4 suku kata. Kenapa? Karena kata yang terlalu panjang akan membuat orang lain kesulitan untuk melafalkan, menuliskan ataupun mengingatnya.

  • Hubungkan dengan Identitas Bisnis

Jika Anda hendak mengambil karakter tertentu seperti yang dilakukan oleh Starbucks, tidak ada masalah. Namun, pastikan jika nama tersebut mencerminkan identitas bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk membangun persepsi perusahaan di mata konsumen.

Selain itu, nama yang sesuai dengan bisnis, akan mempermudah untuk branding. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu bingung untuk menjelaskan mengenai produk tersebut pada orang lain, seperti konsumen maupun investor.

  • Buat Desain Logo yang Sesuai

Bukan hanya nama yang akan menjadi identitas dari perusahaan namun juga logo. Jadi, antara nama dan logo harus berkaitan satu dengan yang lainnya untuk membangun branding. Karena hal tersebut jika Anda sudah menentukan namanya, jangan lupa untuk memilih tempat buat logo yang tepat. Dengan begitu, logo bisa sesuai dengan nama perusahaan.

Itulah beberapa contoh nama perusahaan yang bagus dan cara memilih nama yang tepat. Jangan lupa untuk mendalami tentang perusahaan apa yang Anda bangun agar pemilihan nama bisa lebih mudah.