Jenis-Jenis Input Data

Dalam menginput data kita telah ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi yang mumpuni, contohnya saja Microsoft Excel. Selain aplikasi, satu hal yang penting adalah jenis-jenis data yang dapat di gunakan dalam aplikasi. Nahh, pada kesempatan kali ini kita akan memaparkan tipe atau jenis data yang dapat kita masukkan ke dalam sel-sel lembar kerja Microsoft Excel. Klik link berikut ini jika anda butuh jasa input data online

Memahami jenis data pada excel  sangatlah penting, agar kita bisa merencanakan, menyusun serta mengolah data kita dengan tepat. Tidak jarang banyak orang yang mengalami kegagalan dalam memasukkan data dalam excel, hal itu biasanya disebabkan karena belum memahami jenis data yang dapat dimasukkan pada Microsoft excel dengan benar.

Jika menurut pada 4 jenis data, maka biasanya yang disebut adalah Data Teks (Label), Angka (Value), Waktu (Time), dan Data Tanggal (Date). Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah yang termasuk dalam tipe data dalam excel:

Tipe Data Label / Teks

Tipe data ini adalah jenis data yang tersusun oleh kumpulan karakter A-Z, angka 0-9, atau karakter symbol [email protected]#^% dan lain- lain. Ciri utama dari data jenis ini adalah kita tidak dapat mengoperasikannya dengan operator matematika dalam excel, jadi tidak dapat ditambah, dikurang, dikali atau dibagi. Data label biasanya digunakan sebagai bagian dari deskripsi suatu informasi. Misalnya digunakan untuk menunjukkan nama, header, atau deskripsi-deskripsi lainnya.

 

Tipe data Value

Tipe data value dapat disebut juga dengan data numeric atau angka data pada sel excel yang karakter penyusun utamanya berupa angka 0-9. Ciri utama tipe data ini adalah dapat digunakan dalam perhitungan aritmatika, misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian, ataupun pembagian.

Untuk mengetahui jika itu adalah data value, kita dapat menggunakan fungsi ISNUMBER untuk memeriksa isi sebuah teks merupakan angka numeric atau bukan. Jenis data value dapat dibagi menjadi beberapa bagian seperti berikut ini:

  1. Bilangan bulat Integer)
  2. Bilangan desimal (Decimal)
  3. Bilangan pecahan (Fraction)
  4. Tipe data notasi ilmiah (Scientific Notation)
  5. Tipe data persen (Percent)
  6. Tipe data mata uang (Currency)
  7. Nilai logika TRUE dan FALSE (Logical)
  8. Tipe data Tanggal dan waktu (Date and Time).

 

Tipe data Tanggal dan Waktu

Ciri utama dari data yang satu ini adalah jika anda emasukkan data yang persisi sepersi format tanggal dan waktu kedalam sel lembar kerja excel, maka dengan otomatis excel akan mengkonversi input data tersebut kedalam data tipe tanggal dan ataupun waktu.

Pada excel, format tanggal biasanya disimpan dalam bentuk nomor seri, dimana angka 1 mewakili 1 Januari 1900, angka 2 sebagai 2 Januari 1900 dan seterusnya. Sedangkan format waktu merupakan bilangan pecahan atau decimal dimana nilai dari 1 jam = 1/24, 1 menit= 1/(24*60) dan 1 detik= 1/(24*60*60).