Perbedaan dari SEO dan SEM

SEO

SEO adalah metode yang biasanya digunakan oleh internet marketing untuk membuat situs web yang dikelola dapat tampil pada halaman pertama mesin pencari. Umumnya, perusahaan akan menyewa layanan SEO untuk menganalisis persaingan kata kunci dan kemudian menentukan harganya. Layanan SEO ini akan melakukan optimasi sehungga situs web yang didaftarkan dapat tampil ke halaman pertama. Pelaku jasa SEO ada banyak , seperti ini lah salah satunya

 

SEM

SEM (Search Engine Marketing) adalah metode optimasi yang mirip dengan SEO, tetapi perbedaannya terdapat dalam optimasi yang dilakukan menggunakan SEM hampir seluruhnya berbayar. Caranya adalah dengan mendaftar ke Google Adwords dalam pilihan keyword anda, menetapkan biaya per klik, mengatur budget harian, membuat iklan, memasukkan nomor kartu kredit Anda, dan setelah 15 menit, situs web anda akan muncul di halaman pertama di Google.

 

Meskipun mungkin terlihat mirip dengan SEO, ada beberapa perbedaan utama antara keduanya. Apa perbedaan antara SEM dan SEO? Berikut ini penjelasannya:

 

  1. Biaya

Seperti yang kita ketahui, untuk menggunakan SEO, anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk melakukannya. Anda hanya perlu melakukan beberapa trik khusus untuk membuat SEO efektif.

Namun, di SEM Anda harus membayar untuk mendapatkan yang maksimal. SEM dikenal sebagai lalu lintas berbayar, yang berarti anda harus membayar sejumlah uang tertentu sehingga situs web yang dipromosikan dapat berada di atas hasil pencarian Google terhadap kata kunci yang ditargetkan untuk bisnis anda.

.

  1. Media

Perbedaan lain antara SEO dan SEM adalah tentang media. Untuk dapat memperluas SEO, anda tidak perlu menggunakan media khusus sebagai alat pendukung. Namun, di SEM, media khusus diperlukan untuk mengoptimalkan situs web yang dikembangkan, seperti menggunakan Google Adword.

 

  1. Waktu

SEO dikenal sebagai lalu lintas organik, yang berarti bahwa situs web anda dioptimalkan untuk muncul di mesin pencari Google terutama pada kata kunci tertentu. Butuh waktu lama bagi SEO untuk bekerja secara efektif, karena tidak dikenakan biaya untuk menggunakannya.

SEM ada di sini untuk mengatasi semua masalah tersebut. Dengan menggunakan SEM, media yang anda promosikan akan berada di bagian atas pencarian Google untuk kata kunci yang relevan. Namun, anda memerlukan biaya untuk mewujudkannya.

 

  1. Objek Penjualan

SEO lebih fokus pada konten situs web anda. SEO dioptimalkan melalui penulisan yang meyakinkan. Sedangkan, SEM lebih fokus pada iklan produk dengan menawarkan kata kunci untuk ditargetkan. Anda harus kreatif agat iklan anda menarik pengguna dalam memutuskan untuk mengunjungi halaman sampai mereka akhirnya membeli produk atau jasa anda. Dengan SEM, anda dapat melakukan penjualan dan meningkatkan kesadaran lebih cepat.