Karya Arsitek Indonesia yang Mendunia

Arsitek merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk membuat desain sebuah bangunan atau rumah dengan memperhatikan fungsi estetis dan aspek penting lainnya. Dalam membuat bangunan tidak bisa asal membuat bangunan itu asal bagus saja ya, melainkan bangunan harus dibuat sehingga bisa menciptakan atmosfer sesuai dengan yang diinginkan klien. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk tahu apa saja karya arsitek dari Indonesia yang mendunia. Siapa tahu karya-karya di bawah ini bisa menjadi salah satu referensi untuk desain bangunan anda bukan? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Elevation by Andra Martin

Reporting from andramatin's “Elevation”, Awardee of the Special Mention in  the 16th Venice Architecture Biennale – ARCHINESIA

Karya arsitek pertama di Indonesia yang berhasil mendunia adalah Elevation karya dari Andra Martin yang berhasil meraih kemenangan pada pengehargaan internasional, dipamerkan pada ajang Venice Architecture Biennale tahun 2018 dan mendapatkan penghargaan sebagai special mention dari juri. Karya dari Andra Martin ini dianggap penuh dengan sensitifitas sehingga mampu merefleksikan material serta struktur bangunan tradisional khas Indonesia. Dalam karya arsitekturnya ini, Andra menampilkan berbagai jenis rumah tradisional dari Sabang sampai Merauke. Tak hanya bangunannya yang unik, beliau juga menambahkan bahwa bangunannya tahan terrhadap berbagai jenis iklim dan kondisi cuaca. Jika ingin menemukan jasa desain untuk rumah yang profesional maka klik disini.

Bima Microlibrary by SHAU Architects

Bima Microlibrary / SHAU Bandung | ArchDaily

Bangunan kedua di Indonesia yang mendua adalah Bima Microlibrary yang didesain oleh SHAU Architects. Perpustakaan mini ini terletak di jalan bima, Bandung dan memiliki luas hanya sekitar 159 meter persegi saja. Walaupun banguannya nampak tidak luas, namun desain dari perpustakaan ini cukup menarik perhatian dari banyak orang. Bima Microlibrary sendiri berhasil mendapatkan penghargaan yang bergengsi yaitu Architizer A+ yang berpusat di New York dan mendaptkan penghargaan sebagai karya arsitektur terbaik di dunia. Dalam mendesain perpustakaan ini, SHAU Architects menggunakan bahan bekass seperti ember es krim yang dihubungan sehingga dalamnnya menjadi terang dan sejuk.

Gedung Arsip Nasional by Han Awal

9 Bangunan Karya Arsitek Indonesia yang Meraih Penghargaan Internasional -  Artikel SpaceStock

Bangunan ketiga di Indoensia yang mendunia adalah Gedung Arsip Nasional, pasti pernah mendengar gedung ini kan ya? Gedung Arsip Nasional yang berada di Jalan Gajah Mada Jakarta ini merupakan salah stu bangunan bersejarah di Indoenesia yang memiliki gaya kolonial. Karena struktur bangunannya yang kuat dan apik, bangunan bersejarah ini masih berdiri kokoh hingga sekarang. Karena gedung ini sempat mengalami beberapa kerusakan, pada tahun 1998 dilakukan pemugaran gedung oleh arsitek Indonesia bernama Han Awal. Berkat hasil pemugaran itu, Gedung Arsip Nasional ini mendaptkan penghargaan dari UNSECO yaitu Cultural Heritage Award se-Asia Pasifik.

Itu tadi beberapa jenis bangunan di Indonesia yang mendunia. Semoga artikel yang kami sampaikan hari ini bisa berguna bagi anda dan bangunan di atas bisa menjadi inspirasi yang menarik bagi anda ya!